Sepuluh Tahun Kemudian

Sepuluh Tahun Kemudian




Saya tidak melihat Jesse selama sekitar sepuluh tahun. Kami bertemu kembali di kelas sembilan dan segera memiliki banyak kesamaan. Kita bisa saja berteman baik. Sebaliknya, dia menyatakan cintanya dan aku mencampakkannya, hanya untuk menyadari bahwa itu adalah kesalahan terbodoh dalam hidupku. Saya tidak hanya menyakitinya dan menghancurkan segalanya di antara kami, tetapi saya memilih saat itu untuk menemukan perasaan saya yang kuat padanya. Oh ya, dan di suatu tempat di sana, dia mulai berkencan dengan mantan sahabatku, Rebecca.

Ketika kami lulus SMA dan pergi ke perguruan tinggi yang berbeda, komunikasi berkurang hingga hampir tidak ada. Hatiku akan melompat dengan setiap teks darinya, hanya untuk jatuh dan hancur menjadi sejuta keping di tanah. Tetapi akhirnya, saya semakin jarang menemukan kehadirannya dalam pikiran saya. Kurang lebih, saya pindah. Saya melihat orang lain, saya lulus, saya mendapat pekerjaan mengajar bahasa Inggris. Saya tidak tahu apa yang terjadi padanya setelah mungkin tahun pertama kuliah kami. Dan sekarang di sini dia berada di Home Depot sialan itu.

Saya melakukan satu-satunya hal yang wajar. Tangan saya yang gemetar menjatuhkan sekotak paku yang saya beli. Benturan gemerincing mereka yang menghantam tanah melukai telingaku. Napasku semakin cepat saat dia melihat ke arahku. Keraguan penuh harapan tentang identitasnya lenyap saat matanya bertemu dengan mataku. Saya belum pernah melihat mata cokelat yang lebih dalam. Saya segera membungkuk untuk mengambil paku. Meskipun sudah lama terbiasa dengan klutziness saya sendiri pada saat ini, pipi saya masih memerah. Ketika saya menegakkan tubuh, Jesse berdiri jauh lebih dekat daripada beberapa saat sebelumnya. Matanya lebar, mulutnya sedikit terbuka.

"Cate?" dia bertanya dalam apa yang saya suka pikirkan adalah sesuatu yang dekat dengan kekaguman. Dia berdehem. "Eh, Caitlin Marsh?"

"Um, ya." Rona wajahku semakin dalam dan aku melihat seringai familiar mulai melintas di wajahnya. Dia selalu mengolok-olok rona wajahku yang mudah. Aku menatap kakiku, lebih dari senang membiarkan dia berbicara.

"Apakah kamu ingat aku? Jesse Hawthorn, dari tinggi–"

Aku memutar mataku. "Tentu saja." Kami hanya bertemu hampir setiap hari selama empat tahun. Ingatan saya tidak seburuk itu. Dia membuang muka, tidak yakin harus berkata apa lagi. Saya mengambil kesempatan untuk mempelajarinya lebih dekat. Rambutnya lebih pendek dari saat terakhir kali aku melihatnya, tapi tidak terlalu pendek. Itu masih bergelombang dan mengkilap seperti biasanya. Dia juga lebih tinggi. Saya tidak membayangkan itu mungkin ketika dia sudah satu kepala lebih tinggi dari saya ketika kami bertemu. Rahangnya lebih persegi, wajahnya lebih kurus. Aku pura-pura tidak menyimpan tangannya untuk yang terakhir, menghela nafas lega ketika aku tidak melihat cincin di tangan kirinya, jari keempat.

Hentikan, kataku pada diriku sendiri. Anda sudah melupakannya sejak lama. Tapi saya merasa seperti remaja lagi. Selain itu, tidak ada cincin tidak berarti apa-apa. Saya mencoba menghapus emosi dari wajah saya ketika saya menyadari dia menatap saya sementara kami berdiri dalam keheningan yang canggung. Berebut reaksi, saya duduk di cemberut ketika saya ingat bahwa kepala saya hampir tidak melewati bahunya yang lebar.

"Ada apa?" dia bertanya-tanya, melihat perubahan ekspresiku.

"Kamu adalah orang aneh yang sangat alami," kataku sambil melambaikan tanganku ke atas dan ke bawah padanya. Dia tertawa. Itu adalah sesuatu yang selalu saya katakan kepadanya ketika kami masih muda.

"Bukan salahku kamu cebol," jawabnya sambil mengangkat bahu.

Aku menyisir rambutku dan tertawa terbahak-bahak. "Tidak ada yang berubah, kurasa."

Jesse menggelengkan kepalanya, matanya tertuju pada wajahku. Kemudian dia menjadi lebih serius. "Anda salah," katanya. Aku mengangkat alis bertanya. "Kamu bahkan lebih cantik dari yang aku ingat." Rahangku benar-benar ternganga.

Itulah hal tentang Jesse. Dia bisa bertindak normal, atau senormal mungkin baginya, selama berminggu-minggu. Dia hampir tidak akan berbicara dengan saya, lalu menjatuhkan sesuatu yang begitu ... sangat gila dan jantung berhenti dan ... dan saya tidak tahu apa lagi.

"Aduh. Terima kasih," gumamku. Aku tidak bisa menatap matanya. Hati saya merasa dalam bahaya pembakaran spontan dan pikiran saya kosong.

"Sama-sama," jawabnya kasar. Dia tidak berkomentar tentang ketidakpercayaan total yang saya yakin terlihat jelas di wajah saya.

Kami berdiri diam di sana, menunggu gelombang ketegangan surut. Otak saya dengan panik mencari cara untuk menghentikan ini sebelum saya bisa tersedot kembali, tetapi sesuatu yang lain tidak akan membiarkan saya bergerak.

"Jadi," katanya dengan suara yang lebih ringan. "Apa yang membawamu ke Home Depot?" Seolah-olah satu setengah menit terakhir bahkan tidak terjadi.

"Saya membutuhkan paku untuk menggantung beberapa gambar," jawab saya hampa, mengangkat kotak paku. Saya membenci kotak paku itu karena membuat saya masuk ke dalam kekacauan ini. Saya tidak akan pernah mendekati Jesse sendirian. Saya akan membiarkan dia keluar dari hidup saya lagi dan merasionalisasinya nanti. Tetapi pada saat yang sama, saya tidak bisa tidak berterima kasih kepada Tuhan atau apa pun yang membuat keajaiban kecil ini terjadi.

Jesse mengangguk. "Butuh bantuan?" dia bertanya dengan santai.

Mataku menyipit. "Tidak, saya sangat mampu menggantung gambar sendiri." Aku menggigit bibirku. Saya selalu terlalu defensif, terutama di sekitarnya.

"Hei, aku tahu itu," katanya sambil mengangkat tangannya. Dia menggaruk bagian belakang lehernya, terlihat sedikit frustrasi. Aku menghela nafas. Saya selalu kembali menjadi siswa kelas lima dengan naksir di sekelilingnya, kejam dan menggoda, mencoba menutupi perasaan saya yang sebenarnya. Perasaan yang tidak Anda miliki, saya katakan pada diri saya sendiri.

Lebih banyak keheningan. Maksud saya, apa yang Anda katakan kepada seorang pria yang belum pernah Anda lihat selama hampir satu dekade? Apa yang Anda katakan kepada lo - dia setelah sekian lama? Bagaimana Anda menghentikan diri Anda dari menanyakan hal-hal yang sangat ingin Anda ketahui karena jika Anda melakukannya, itu akan menjadi canggung ... lebih?

"Jadi, apa yang telah kamu lakukan?" Saya praktis meneriakinya. Saya tidak bermaksud untuk keluar begitu keras dan tiba-tiba. Sambil meringis, saya mencoba tampil minta maaf. Dia hanya menatapku sejenak.

"Saya telah menjalankan kelas mengendarai sepeda motor beberapa tahun terakhir." Pikiran saya dipenuhi dengan gambar Jesse yang dibalut kulit hitam, mengangkangi Harley. Sepeda motor bukanlah moda transportasi pilihan saya, tetapi saya tahu bahwa jika dia pernah menawari saya tumpangan, saya akan mengambilnya. Fokus, kataku pada diriku sendiri. Dia sedang menunggu jawaban.

"Itu keren." Tanggapan yang bagus.

"Apakah kamu suka naik?"

"Um, aku belum pernah benar-benar melakukannya sebelumnya. Saya pernah mundur ke sepeda motor. Saya membakar kaki saya di pipa," kata saya sambil memutar kaki saya untuk mengungkapkan bekas luka di betis saya.

"Kamu harus datang kapan-kapan. Saya bisa memberi Anda beberapa petunjuk, seperti bagaimana tidak membakar diri sendiri," sarannya, tersenyum pada ide bagusnya sendiri. Aku balas tersenyum. Itu tidak mencapai mataku.

"Tentu, saya akan senang." Tapi seperti semua rencananya yang lain, saya tahu yang ini tidak akan berhasil. Dia akan lupa, lanjutkan.

Saya bisa merasakan keajaiban saat itu memudar. Aku menyeret diriku menjauh darinya selama beberapa saat dan mengintip sekilas jam tanganku. Hampir sepuluh menit berlalu dengan kami hanya berdiri di sini. Orang-orang berjalan di sekitar kami dalam kesibukan yang menurut saya membingungkan, seperti embusan angin yang menembus gelembung kecil sempurna yang tampaknya mengelilingi kami. Saya tidak ingin ini, apa pun yang sekarang antara dia dan saya, berakhir. Tapi saya bisa mendengar kenyataan menggedor pintu. Saya tahu saya harus membiarkannya masuk, sebelum saya ditarik lebih jauh ke dalam lubang kelinci ini. Aku mendongak dan melihat mata Jesse tertuju pada jam tanganku. Kemudian dia juga melihat sekeliling kami dan mengambil langkah tak sadarkan diri dariku. Dia menatap mataku, seolah mencari sesuatu. Saya bertanya-tanya apa yang dia temukan, sesaat kemudian dia batuk dan berkata,

"Yah, aku mungkin harus pergi. Aku tidak ingin menahanmu sepanjang hari."

Perutku tenggelam. Saya merasa kedinginan meskipun udara musim panas. Saya ingin dia menjaga saya sepanjang hari. Lagi. TidakAnda tidak, kata suara alasan saya yang selalu menenangkan. Siapa yang aku bercanda? Tentu saja. Saya selalu punya.

"Ya, oke." Tetapi untuk semua emosi yang berkecamuk di dalam diri saya, saya tahu saya tidak akan mengatakan sepatah kata pun atau memberi isyarat untuk mengungkapkan diri saya. Sudah terlalu lama saya menekan perasaan saya dan kali ini tidak berbeda. Aku akan membiarkan dia pergi seolah-olah aku tidak pernah menjatuhkan kotak paku sialan itu. Dan saya terlalu tidak aman, terlalu pemalu, terlalu cacat sosial ... terlalu banyak pengecut untuk melakukan apa pun. Saya selalu begitu.

"Senang sekali melihatmu, Cate." Dia terdengar seperti dia bersungguh-sungguh. Aku menembaknya dengan senyumku yang dipraktikkan dengan baik sambil diam-diam menarik napas dalam-dalam untuk mencegah dadaku meledak.

"Demikian juga." Saya ragu-ragu, tapi kemudian, apa-apaan ini? "Kamu harus mencariku beberapa waktu. Kita bisa nongkrong." Saran dangkal lainnya. Tapi dia tetap membalas seringaiku.

"Itu akan luar biasa." Saya tertawa, hanya sekali. Kata favorit saya, kata kami. Kami berdiri saling berhadapan dan saya bersumpah saya bisa merasakan awan jamur ketegangan meluas di antara kami. Pada saat itu, saya tidak ingin lebih dari memeluknya selamat tinggal, setidaknya untuk mendapatkan penutupan yang tidak pernah saya dapatkan bertahun-tahun yang lalu. Aku menatap putus asa ke matanya yang indah, berharap entah bagaimana dia bisa membangkitkan bakat berumur pendek dan sudah lama mati itu untuk membaca pikiranku. Tapi tidak. Dia menganggapku dengan ekspresi serius sebelum berbalik dan berjalan kembali seperti semula. Jesse salah. Tidak ada yang berubah.

Mengapa saya melakukan ini pada diri saya sendiri? Mengapa saya menjadi masokis yang emosional? Saya tentu saja tidak menikmati rasa sakit yang saya rasakan, tetapi saya berlari ke sana semua sama, memicunya tanpa berpikir dua kali. Dan saya tahu saya akan melakukannya lagi jika itu berarti melihatnya.

Saya memutar ulang semua yang telah terjadi sejak saya melihat sosok yang dikenalnya. Apa yang dia cari ketika dia mencari mataku? Minat? Kebosanan? Saya berharap apa pun yang dia lihat telah membuatnya tinggal, hanya sedetik lebih lama. Tetapi jauh di lubuk hati, saya tahu bahwa itu hanya akan menjadi satu detik, satu hari, satu minggu lagi yang diperlukan untuk menyingkirkannya dari pikiran saya. Saya tahu dia tidak akan menjangkau, tidak dalam waktu dekat. Itu bukan sifatnya. Sekarang saya harus meyakinkan kepribadian obsesif saya untuk melepaskannya lagi. Bukan untuk melupakan, tetapi untuk menahan diri dari memikirkannya. Untuk berhenti membiarkan diri saya dihantui oleh sejarah sepuluh tahun, seperti saya hari ini.

Saya kagum ketika saya berhasil pulang. Saya tidak ingat tentang drive itu. Saya melemparkan paku ke sudut, semua keinginan untuk menggantung gambar hilang. Saya mematikan ponsel saya agar tidak memeriksanya setiap menit untuk teks yang saya tahu tidak akan datang. Seperti itu, saya harus menanggung rasa sakit ketika saya menyalakannya nanti, tahu itu akan kosong, tetapi berharap semuanya sama.

Saya menundanya selama saya bisa. Saya makan siang yang panjang. Saya membersihkan seluruh dapur. Saya meluruskan konter dan rak yang sudah diatur dengan cermat. Akhirnya, saya tidak bisa pergi lagi tanpa gangguan. Saya mengerang secara internal, pergi untuk menyalakan telepon saya, dan berkata pada diri sendiri untuk tidak mengharapkan apa pun.

Jadi saya tersentak ketika layar ponsel saya menyala. Mataku benar-benar tertusuk oleh kelembapan. Ada satu pesan biru kecil di bawah nama yang tidak pernah saya pikir akan saya lihat di ponsel saya lagi. Jari-jari saya meraba-raba saat saya mengklik pesan itu. Itu adalah file audio. Itu adalah satu-satunya lagu yang akhirnya saya berhenti dengarkan karena rasa sakit yang ditimbulkannya, kenangan yang ditimbulkannya. Lagunya, lagu kami: 'Terbang Tanpa Sayap' oleh Westlife.

Jesse telah mengirimkan lagu ini kepada saya di hari-hari awal hubungan kami, sebuah isyarat kasih sayang. Tidak ada yang pernah mengirimi saya lagu sebelumnya dan saya pikir itu adalah hal yang paling manis. Saya pertama kali memperhatikannya di kelas musik dan saya memuja suaranya. Suaranya terdengar persis sama seperti yang kuingat. Sekarang air mata datang.

Saya mendengarkan seluruh lagu dan ketika musik berakhir, Jesse berbicara.

"Saya tidak ingin meninggalkan hal-hal seperti yang kami lakukan. Saya tahu Anda mungkin tidak merasakan hal yang sama dan saya belum memberi Anda banyak alasan untuk menghargai persahabatan kita, tetapi jika Anda melakukannya, hubungi saya. Silahkan."

Tanpa pikir panjang, saya menggulir ke bawah kontak saya sampai saya menemukan namanya. Ibu jariku melayang di atas layar. Apakah saya benar-benar ingin melemparkan diri saya kembali ke dalam ini? Bagaimana jika itu hanya menyebabkan lebih banyak rasa sakit? Tapi itu tidak pernah menjadi pilihan nyata. Dia mengambil cincin kedua.

"J-Jesse?" Namanya terasa asing dan indah di lidah saya.

"Hei, Cate," katanya lembut.

"Lagumu ... Sungguh menakjubkan."

"Terima kasih. Dan terima kasih telah menelepon."

"Anda meminta saya untuk, dengan sangat baik. Apa... um, naik?" Saya berusaha menjaga suara saya sebisa mungkin tanpa emosi.

"Saya ingin berbicara dengan Anda. Aku sudah bertahun-tahun tidak melihatmu. Beberapa menit di Home Depot bukanlah reuni."

"Aduh. Nah, apa yang ingin kamu bicarakan?"

"Uh, baiklah, bisakah kamu datang? Atau saya bisa. Maksudku, kita harus berbicara tatap muka setelah sekian lama." Nada suaranya hampir cemas.

Aku mengerutkan kening. "Saya tidak tahu apakah itu ide yang bagus," kata saya. Hatiku sudah sakit. Tentunya melihatnya akan memotongnya menjadi pita. Saya berusaha menjaga diri saya tetap utuh untuk sekali.

"Mengapa Anda melakukan itu? Ragu, sembunyi? Apa yang selalu menahanmu?" katanya dengan gusar frustrasi.

"Yah, Rebecca." Saya menyebut nama mantan sahabat saya tanpa mempertimbangkan konsekuensinya. Ledakan amarahnya membuatku lengah. Tapi saya tidak pernah sekalipun membicarakan hal ini dengannya, pernah. "Um, maksudku ... Anda selalu memiliki ... seseorang, Anda tahu. Itu aneh." Aku bergumam, mencoba mengabaikan apa yang kukatakan. Tapi tidak seaneh sekarang.

"Saya putus dengan Rebecca pada musim panas setelah tahun pertama kuliah. Segalanya tidak berhasil." Dia terdengar terkejut. Suaranya telah kehilangan rasa frustrasi. Itu berubah menjadi lembut. "Aku lajang sekarang." Satu tahun. Yang harus saya lakukan hanyalah menunggu satu tahun? Anda telah melakukan cukup banyak menunggu. Saya tahu itu benar. Tapi tetap saja.

"Aduh... uh–"

"Kamu harus benar-benar datang. Ini canggung melalui telepon." Saya tidak bisa tidak setuju. Saya menyadari bahwa saya dengan cepat kehabisan alasan untuk menolak. Saya mencoba untuk tidak memikirkannya, tetapi saya mempertimbangkan kemungkinan bahwa dia benar-benar ingin melihat saya. Jangan mendahului diri sendiri. Benar, hanya obrolan.

"Oke. Di mana Anda tinggal?" Dia mengirim sms ke alamat itu. Ketika dia menutup telepon, dia terdengar lebih bahagia. Secara pribadi, perut saya adalah bola simpul. Saya memeriksa alamatnya dan harus menahan godaan untuk melemparkan ponsel saya ke dinding. Selama ini, dia telah tinggal mungkin tiga mil jauhnya. Tiga mil sialan! Terkadang saya membenci dunia.

Saya mencoba untuk menjaga pikiran saya tetap kosong sewaktu saya mengemudi, memerintah dalam kecenderungan saya untuk mengembangkan harapan yang tidak dapat dicapai. Tidak butuh waktu lama untuk mencapai rumahnya. Itu indah, dari sisi kuning pucat ke pagar piket putih. Saya berdiri di teras depan selama lima menit sebelum bangkit untuk mengetuk. Dia segera menjawab dan saya tiba-tiba curiga dia telah mengawasi saya. Wajahku memerah. Dia tersenyum dan menyentuh pipiku.

"Aku rindu membuatmu tersipu," katanya, hampir pada dirinya sendiri.

"Saya tidak." Dia mengangkat alis, tetapi matanya tidak pernah meninggalkan mataku. Aku menggeliat di bawah tatapannya, menunggunya mengatakan apa pun yang ada di pikirannya.

"Kamu tahu, aku tidak percaya ketika aku melihatmu hari ini," lanjutnya. "Itu seperti mimpi. Kamu benar-benar terlihat hebat."

"Jesse, di mana ini–" tapi dia membungkamku dengan tatapan memohon.

"Tolong biarkan aku menyelesaikannya?" Aku mengangguk agar dia melanjutkan. "Aku sudah banyak memikirkanmu selama bertahun-tahun. Saya ingin menelepon berkali-kali, tetapi sudah begitu banyak waktu telah berlalu. Itu akan terasa aneh. Kemudian saya memiliki sekolah dan pekerjaan. Sepertinya tidak pernah saat yang tepat dan sebelum saya menyadarinya, sepuluh tahun telah berlalu. Tapi aku tidak pernah berhenti memikirkanmu, tidak sekali pun. Larut malam, saya akan ingat bagaimana kami berbicara sampai jam tiga pagi, wajah-wajah aneh yang Anda buat ketika Anda bernyanyi, cara Anda berbicara dengan tangan Anda sepanjang waktu, kepulangan pertama kami, ketika Anda mencium saya ...

"Itu ciuman pertamaku," aku serak. Pikiranku terguncang. Begitu banyak hal yang telah saya lakukan dan tinggali, dan dia juga melakukannya. Matanya tampak terbakar.

"Milikku juga." Dia menarik napas. "Apa yang saya coba katakan adalah ... Maksudku... Saya tidak tahu apakah Anda melakukannya, tapi ... butuh beberapa saat untuk mengetahuinya, tetapi saya pikir jauh di lubuk hati saya selalu tahu ... Saya lo–"

Untuk sekali ini, saya tidak terlalu banyak berpikir. Saya tidak menahan diri atau bersembunyi. Aku menutup ruang di antara kami dalam satu langkah dan membawa bibirku ke bibirnya. Begitu lama saya bermimpi tentang momen yang tepat ini. Dinding runtuh, tindakan hilang. Dia menarikku lebih dekat dengannya. Saya begitu hangat di sana dalam pelukannya. Saya melepaskan napas yang saya pikir telah saya pegang sejak kelas sembilan.

Ketika dia mundur, aku berkedip dan merasakan air mata di pipiku. Jesse menyekanya dengan tangannya. Dia memegangi wajahku.

"Bahkan setelah sekian lama?" tanyanya.

"Selalu."


."¥¥¥".
."$$$".

No comments:

Post a Comment

Informations From: Revisi Blogging

Hush Lil Birdie

Hush Lil Birdie Matahari rendah di udara berjemur di taman dalam cahaya keemasan; Kolam bersinar seperti madu dan pepohonan mulai terlihat ...