Anak-anak juga mendapatkan stres liburan
Liburan bisa menjadi waktu ajaib bagi anak-anak, tetapi mereka dapat memicu stres, yang dapat bermanifestasi dengan cara yang berbeda daripada dengan orang dewasa.
Schenike Massie-Lambert, koordinator programRutgers Children's Center for Resilience and Trauma Recoverydi University Behavioral Health Care, membahas cara-cara untuk mencegah stres anak-anak selama liburan.
Mengapa liburan mungkin membuat stres bagi anak-anak?
Massie-Lambert: Anak-anak sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan. Selama musim liburan, hal-hal berubah di lingkungan dan anak-anak sering terpapar pada pengasuh dewasa yang mungkin stres tentang kewajiban keuangan, sedih dengan tidak adanya orang yang dicintai atau kewalahan oleh banyak komitmen. Bagaimana orang dewasa ini secara emosional menanggapi stres mereka - baik atau buruk - memodelkan ekspresi dan manajemen emosional kepada anak-anak di sekitar mereka.
Selama liburan, keluarga juga mengubah rutinitas sehari-hari mereka yang khas. Perubahan pada waktu makan khas anak, pilihan makanan — seperti makanan cepat saji versus makanan yang disiapkan di rumah — dan waktu tidur dapat menyebabkan perubahan signifikan dalam suasana hati dan perilaku.
Bagaimana orang dewasa dapat mengetahui bahwa seorang anak merasa kewalahan atau stres?
Massie-Lambert: Secara umum, setiap perubahan mendadak dari perilaku khas anak memerlukan perhatian tambahan dan mungkin percakapan.
Jika pengasuh memperhatikan perubahan pola tidur anak mereka, kebiasaan makan, suasana hati atau interaksi sosial, mereka harus menanyakan tentang perubahan mendadak ini dan membawa seorang profesional jika diperlukan.
Perlu diingat bahwa banyak anak berjuang dengan bahasa emosional dan perkembangan mungkin tidak berada pada tahap di mana mereka dapat berbagi pengalaman emosional mereka. Dalam kasus ini, anak-anak mungkin malah hadir dengan masalah fisik yang tidak terkait dengan kondisi medis. Adalah umum bagi anak-anak yang mengalami stres untuk melaporkan hal-hal seperti sakit perut, sakit punggung atau sakit kepala.
Massie-Lambert menawarkan tips berikut untuk memberikan dukungan serta mendiskusikan stres dengan anak-anak:
Bagaimana orang dewasa dapat mendukung anak-anak ketika mereka merasa stres?
• Model ekspresi emosional dan koping. Pengasuh adalah guru pertama seorang anak dan diposisikan secara unik untuk mengajar dan melatih mereka melalui masa-masa sulit. Pengasuh dapat bekerja untuk meningkatkan kosakata emosional anak dengan menggunakan label emosional untuk pengalaman mereka sendiri dan menawarkan label kepada anak ketika mereka tidak yakin dengan apa yang mereka rasakan. Pengasuh juga dapat menormalkan gagasan bahwa kita semua harus bekerja untuk menjaga kesehatan dengan mendiskusikan kebutuhan mereka sendiri, seperti untuk istirahat, dan mengundang anak ke dalam kegiatan mengatasi mereka, seperti berjalan-jalan, mendengarkan musik atau menulis jurnal. Ini juga akan mengurangi stigma yang terkait dengan mendiskusikan emosi dan mencari dukungan.
• Pertahankan rutinitas yang berhasil. Rutinitas yang bekerja untuk anak dan keluarga harus dipertahankan karena mendukung rasa penguasaan dan keamanan anak. Namun, jika rutinitas yang ada menyebabkan stres yang tidak semestinya, mereka dapat dibayangkan kembali untuk lebih mendukung kebutuhan keluarga saat ini.
• Hindari penjadwalan yang berlebihan. Sangat menantang bagi orang dewasa untuk mengelola stres dan kelelahan yang datang bersamaan dengan kelebihan pemesanan, dan hal yang sama berlaku untuk anak-anak. Pengasuh dapat mendukung remaja yang kewalahan dengan membangun tepat waktu untuk istirahat dan menetapkan batasan yang lebih tegas di sekitar waktu mereka dengan mengatakan "tidak."
• Mendorong aktivitas. Mungkin tergoda untuk membiarkan anak-anak terlalu memanjakan diri dengan elektronik seperti televisi dan permainan, terutama selama bulan-bulan musim dingin. Namun, tetap aktif secara fisik tidak hanya bagus untuk kesehatan fisik anak, tetapi juga merupakan alat yang hebat untuk mengelola stres dan melepaskan ketegangan dalam tubuh.
Apa cara terbaik untuk berbicara dengan anak-anak tentang stres tanpa membuat mereka stres?
• Bagikan pengamatan Anda dan tanyakan. Dukung seorang anak yang berjuang untuk mengelola stres mereka dengan membagikan pengamatan Anda dan tanda-tanda kesusahan yang nyata. Ini membuat anak tahu bahwa Anda terlibat, peduli, dan bersedia membantu.
• Menormalkan dan memvalidasi emosi. Menormalkan dan memvalidasi pengalaman emosional anak. Ini sangat membantu karena memberi Anda kesempatan lain untuk mengurangi stigma yang terkait dengan keinginan dan kebutuhan bantuan tambahan. Strategi ini penting karena berpotensi meningkatkan dukungan dan sumber daya yang tersedia untuk anak.
• Berdayakan mereka dengan berlatih pemecahan masalah. Mintalah anak untuk merenungkan pemicu stres sebelumnya dan apa yang membantu dalam menavigasi mereka. Dorong anak untuk mengidentifikasi solusi tambahan.
• Berdayakan mereka dengan mengundang mereka untuk memilih teknik koping–lalu tawarkan untuk melakukannya bersama. Mendorong anak untuk memilih strategi koping meningkatkan keterlibatan, otonomi, dan efikasi diri. Ini juga memberi Anda kesempatan untuk memberikan dukungan tambahan.
Massie-Lambert menambahkan dua tips terakhir akan memberi pengasuh kesempatan untuk membangun ketahanan dan keterampilan pemecahan masalah anak.
Liburan bisa menjadi waktu ajaib bagi anak-anak, tetapi mereka dapat memicu stres, yang dapat bermanifestasi dengan cara yang berbeda daripada dengan orang dewasa.
Schenike Massie-Lambert, koordinator programRutgers Children's Center for Resilience and Trauma Recoverydi University Behavioral Health Care, membahas cara-cara untuk mencegah stres anak-anak selama liburan.
Mengapa liburan mungkin membuat stres bagi anak-anak?
Massie-Lambert: Anak-anak sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan. Selama musim liburan, hal-hal berubah di lingkungan dan anak-anak sering terpapar pada pengasuh dewasa yang mungkin stres tentang kewajiban keuangan, sedih dengan tidak adanya orang yang dicintai atau kewalahan oleh banyak komitmen. Bagaimana orang dewasa ini secara emosional menanggapi stres mereka - baik atau buruk - memodelkan ekspresi dan manajemen emosional kepada anak-anak di sekitar mereka.
Selama liburan, keluarga juga mengubah rutinitas sehari-hari mereka yang khas. Perubahan pada waktu makan khas anak, pilihan makanan — seperti makanan cepat saji versus makanan yang disiapkan di rumah — dan waktu tidur dapat menyebabkan perubahan signifikan dalam suasana hati dan perilaku.
Bagaimana orang dewasa dapat mengetahui bahwa seorang anak merasa kewalahan atau stres?
Massie-Lambert: Secara umum, setiap perubahan mendadak dari perilaku khas anak memerlukan perhatian tambahan dan mungkin percakapan.
Jika pengasuh memperhatikan perubahan pola tidur anak mereka, kebiasaan makan, suasana hati atau interaksi sosial, mereka harus menanyakan tentang perubahan mendadak ini dan membawa seorang profesional jika diperlukan.
Perlu diingat bahwa banyak anak berjuang dengan bahasa emosional dan perkembangan mungkin tidak berada pada tahap di mana mereka dapat berbagi pengalaman emosional mereka. Dalam kasus ini, anak-anak mungkin malah hadir dengan masalah fisik yang tidak terkait dengan kondisi medis. Adalah umum bagi anak-anak yang mengalami stres untuk melaporkan hal-hal seperti sakit perut, sakit punggung atau sakit kepala.
Massie-Lambert menawarkan tips berikut untuk memberikan dukungan serta mendiskusikan stres dengan anak-anak:
Bagaimana orang dewasa dapat mendukung anak-anak ketika mereka merasa stres?
• Model ekspresi emosional dan koping. Pengasuh adalah guru pertama seorang anak dan diposisikan secara unik untuk mengajar dan melatih mereka melalui masa-masa sulit. Pengasuh dapat bekerja untuk meningkatkan kosakata emosional anak dengan menggunakan label emosional untuk pengalaman mereka sendiri dan menawarkan label kepada anak ketika mereka tidak yakin dengan apa yang mereka rasakan. Pengasuh juga dapat menormalkan gagasan bahwa kita semua harus bekerja untuk menjaga kesehatan dengan mendiskusikan kebutuhan mereka sendiri, seperti untuk istirahat, dan mengundang anak ke dalam kegiatan mengatasi mereka, seperti berjalan-jalan, mendengarkan musik atau menulis jurnal. Ini juga akan mengurangi stigma yang terkait dengan mendiskusikan emosi dan mencari dukungan.
• Pertahankan rutinitas yang berhasil. Rutinitas yang bekerja untuk anak dan keluarga harus dipertahankan karena mendukung rasa penguasaan dan keamanan anak. Namun, jika rutinitas yang ada menyebabkan stres yang tidak semestinya, mereka dapat dibayangkan kembali untuk lebih mendukung kebutuhan keluarga saat ini.
• Hindari penjadwalan yang berlebihan. Sangat menantang bagi orang dewasa untuk mengelola stres dan kelelahan yang datang bersamaan dengan kelebihan pemesanan, dan hal yang sama berlaku untuk anak-anak. Pengasuh dapat mendukung remaja yang kewalahan dengan membangun tepat waktu untuk istirahat dan menetapkan batasan yang lebih tegas di sekitar waktu mereka dengan mengatakan "tidak."
• Mendorong aktivitas. Mungkin tergoda untuk membiarkan anak-anak terlalu memanjakan diri dengan elektronik seperti televisi dan permainan, terutama selama bulan-bulan musim dingin. Namun, tetap aktif secara fisik tidak hanya bagus untuk kesehatan fisik anak, tetapi juga merupakan alat yang hebat untuk mengelola stres dan melepaskan ketegangan dalam tubuh.
Apa cara terbaik untuk berbicara dengan anak-anak tentang stres tanpa membuat mereka stres?
• Bagikan pengamatan Anda dan tanyakan. Dukung seorang anak yang berjuang untuk mengelola stres mereka dengan membagikan pengamatan Anda dan tanda-tanda kesusahan yang nyata. Ini membuat anak tahu bahwa Anda terlibat, peduli, dan bersedia membantu.
• Menormalkan dan memvalidasi emosi. Menormalkan dan memvalidasi pengalaman emosional anak. Ini sangat membantu karena memberi Anda kesempatan lain untuk mengurangi stigma yang terkait dengan keinginan dan kebutuhan bantuan tambahan. Strategi ini penting karena berpotensi meningkatkan dukungan dan sumber daya yang tersedia untuk anak.
• Berdayakan mereka dengan berlatih pemecahan masalah. Mintalah anak untuk merenungkan pemicu stres sebelumnya dan apa yang membantu dalam menavigasi mereka. Dorong anak untuk mengidentifikasi solusi tambahan.
• Berdayakan mereka dengan mengundang mereka untuk memilih teknik koping–lalu tawarkan untuk melakukannya bersama. Mendorong anak untuk memilih strategi koping meningkatkan keterlibatan, otonomi, dan efikasi diri. Ini juga memberi Anda kesempatan untuk memberikan dukungan tambahan.
Massie-Lambert menambahkan dua tips terakhir akan memberi pengasuh kesempatan untuk membangun ketahanan dan keterampilan pemecahan masalah anak.
."¥¥¥".
."$$$".
No comments:
Post a Comment
Informations From: Revisi Blogging